Kamis, 27 Mei 2010

Pengertian Manajemen Strategi

A. Pengertian Manajemen Strategi
Manajemen strategi (strategic management) adalah seperangkat keputusan dan tindakan yang digunakan untuk memformulasikan dan mengimplementasikan strategi-strategi yang berdaya saing tinggi dan sesuai bagi perusahaan dan lingkungannya untuk mencapai sasaran organisasi.
Beberapa pertanyaan yang sering diajukan para manajer seperti:
1. Perubahan dan tren apa yang terjadi pada lingkungan yang kompetitif?
2. Siapakah konsumen kita?

3. Produk atau pelayanan apa yang seharusnya kita tawarkan?

4. Bagaimana kita dapat menawarkan produk dan pelayanan seefisien mungkin?

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas dapat membantu manajer membuat pilihan mengenai bagaimana memposisikan organisasi yang penuh dengan perusahaan pesaing.

Tujuan Manajemen Strategi antara lain :
▪ Melaksanakan dan mengevaluasi strategi yang dipilih secara efektif dan efisien.

▪ Mengevaluasi kinerja, meninjau dan mengkaji ulang situasi serta melakukan berbagai penyesuaian dan koreksi jika terdapat penyimpangan di dalam pelaksanaan strategi.

▪ Senantiasa memperbarui strategi yang dirumuskan agar sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal.
▪ Senantiasa meninjau kembali kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bisnis yang ada.

▪ Senantiasa melakukan inovasi atas produk agar selalu sesuai dengan selera konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar